Sekolah lagi, yuk?

Pagi ini, setiba di kampus, sepotong pesan singkat menggetarkan handphone. Pesan via WhatsApp di salah satu group chat yang berisi teman-teman di lab sewaktu kuliah dulu. Setelah beberapa saat, pesanpun dibaca, ternyata dari empunya lab alias Prof kepala lab. Alhamdulillah isinya kabar gembira. Dua orang teman di lab dulu akan melanjutkan pendidikan mereka dengan beasiswa LPDP. Satu orang akan ke Delft dan satu lagi akan ke Manchester. Mereka adalah dua orang adik kelas semasa di UI dulu. Kebetulan mereka akan melanjutkan studi di bidang Renewable Energy and Technology.
Menarik untuk disimak, trend untuk melanjutkan pendidikan ke luar negri beberapa tahun belakangan ini terus meningkat. Jika angkatan 2006 diambil sebagai baseline untuk mengukur, maka setelah angkatan 2006, jumlah teman-teman yang melanjutkan kuliah ke luar negri semakin meningkat. Jika ditarik benang merah, semua ini berhubungan dengan diluncurkannya program beasiswa LPDP. Entah kenapa begitu lama bagi orang-orang di puncak kekuasaan sana untuk meluncurkan program yang brilian ini. Anyway, bagian itu tidak perlu untuk dijabarkan. Kita patut mensyukuri skema beasiswa yang ada ini.
Dan harusnya ini juga menjadi motivasi untuk teman-teman yang lain untuk mengambil kesempatan ini. Untuk yang sudah bekerja, mungkin akan sulit untuk meninggalkan zona nyaman dimana setiap bulan sudah memiliki income. Untuk yang sudah berkeluarga mungkin akan semakin berat untuk berpisah dengan keluarga tentunya. Namun, ini bukanlah tentang meninggalkan zona nyaman. Namun bagaimana kita memperluas zona nyaman itu. Karena berangkat melanjutkan sekolah bukanlah semata-mata hanya kembali ke ruang kelas mendengarkan kuliah dari para dosen. Beasiswa akan menjadi pengganti income bagi mereka yang sudah berkeluarga, dan LPDP juga menyediakan tunjangan untuk keluarga apabila kita sudah berkeluarga dan ingin membawa mereka ke negara tujuan. Jadi tunggu apa lagi?
Ada hal yang lebih besar disana. Hidup di lingkungan baru, berinteraksi dengan budaya dan masyarkat yang berbeda dengan yang biasa kita temui di tanah air. Hidup memang tentang mengambil suatu pilihan. Dan saya menyarankan teman-teman untuk mengambil pilihan ini. Sekolah lagi, yuk! Mumpung kesempatan untuk mendapatkan beasiswa terbuka lebar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s