Neuschwanstein

Kastil Neuschwanstein atau dalam bahasa Jerman disebut Schloss Neuschwanstein merupakan salah satu landmark pariwisata di Jerman yang terletak di provinsi Bavaria. Kastil yang dibangun pada masa Kaisar Ludwig II (raja bavaria pada masa itu) mulai dibuka pada 1886. Fakta menarik dari kastil ini (mungkin bisa dibilang ironis) adalah sang kaisar secara total hanya menempati kastil ini dalam 172 hari, dikarenakan sang kaisar harus menghadap yang Ilahi diatas sana. Fakta menarik lainnya adalah bahwa kastil ini merupakan inspirasi dari Walt Disney ketika memilih logo untuk perusahaannya yang tersohor itu.

DSC_0922Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kastil ini terletak di daerah Bavaria, bagian selatan Jerman dan berdekatan dengan danau alpen (Alpsee). Kalau kata turis-turis, kastil ini masuk rukun iman kalau berkunjung ke Jerman. “Belum lengkap perjalananmu ke Jerman jika belum berkungjung ke Schloss Neuschwanstein” begitu kira-kira bunyi sabdanya.

DSC_0864Kastil ini bisa dicapai dari pusat kota München dengan menggunakan transportasi umum. Dari München Central Station ke pemberhentian terakhir di Füssen perjalanan dengan kereta akan ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam. Dari stasiun Füssen sudah ada bus dengan pemberhentian terakhir di kaki bukit tempat kastil didirikan. Tips lainnya adalah, gunakan tiket grup (maksimal 5 orang / tiket) yang harganya € 39 (per orang cuma bayar 8 €). Setiba di pemberhentian terakhir bus, ada 3 cara untuk sampai ke gerbang kastil. Jalan kaki, dengan bus dan kereta kuda (urutan ini disusun berdasarkan harga yang harus dibayarkan untuk masing-masing cara :p).
Sebelum masuk ke dalam kastil kita bisa melihat pemandangan di sekitar, antara lain danau dan perbukitan alpen yang mengelilingin kastil ini.

DSC_0818DSC_0809Untuk masuk dan melihat interior kastil kita harus membayar tiket yang akan disertai dengan tur, tiket ini harga normalnya €11 per orang, sebenarnya ada pilihan untuk group tiket (dengan minimum 15 orang anggota grup). Satu saran terakhir jika ingin melancong ke kastil ini : bawalah makanan sendiri untuk makan siang, karena ketika berada di kastil tidak banyak pilihan menu makanan yang bisa dipilih (saran saya, di München Central Station ada gerai Burger King dan Subway yang bisa jadi pilihan, atau memasak sendiri).

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s