Kekalahan : Pelajaran untuk meraih suatu kemenangan

final26 Desember 2010 sepertinya akan menjadi hari yang tak ingin diingat oleh timnas PSSI yang berlaga di piala AFF. kekalahan pertama dan itu terjadi pada pertandingan puncak (yang untungnya berlangsung dalam 2 pertemuan). Jujur, melihat penampilan timnas kita kemaren malam seperti melihat antiklimaks dari perjalanan timnas. Tapi, ini tidak bisa sepenuhnya dikatakan sebagai antiklimaks, pemberitaan sebelum pertandingan yang menggembar-gemborkan perjalanan tim Indonesia dari penyisihan grup hingga pertandingan semi final sangat berlebihan, hampir setiap sesi berita (berita pagi,siang dan malam) selalu membahas tentang timnas, entah itu berhubungan dengan permainan dilapangan atau tidak, liputan tanpa henti, hingga keluarga pemainpun ikut diekspos, jujur saya sendiri sampai hilang selera untuk menonton berita jika sudah membahas timnas, media ingin membuat suatu berita, namun dengan video yang terus menerus diulang,mereka lebih terlihat seperti kekurangan materi penunjang (video) untuk menggambarkan teks yang ingin disampaikan. well, kekalahan merupakan bagian dari pertandingan, kita harus mengakui dari segi permainan, tim lawan bermain lebih baik dan lebih efektif dalam pertandingan final ini. semangat “harimau muda” telah berhasil menjinakkan “sang garuda”. tadi malam kita tampil seperti burung tanpa sayap.

Ini belum berakhir, masih ada 90 menit final ke 2 yang akan dihadapi, misi ini bukanlah misi yang tidak mungkin. this is not a mission impossible for us. all we have to do is learn, learn from a mistake that we did yesterday, so it won’t happen again in the future.

in may 2005, liverpool has shown the “miracle” in football field, a mission (im)possible, they just need less than 20 minutes to change their fate. our fate is in our hand, we don’t need to hang it on others. hopefully, out national team will do their best during the 2nd leg.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s